Posts

Showing posts from March, 2015

Pencahayaan dan Bayangan

Image
Judul : Pencahayaan dan Bayangan Kelas : 3IA01 Nama Anggota Kelompok : - Hambali Syahrul Basir (53412264) - Ibnu Muzzakkir (53412525) - Inas Nabilah (53412660) - Juwita Winadwiastuti (54412011) - Riyan Neba (56412506) Pencahayaan dan Bayangan Kali ini kami akan membahas tentang teknik pencahayaan dan efek bayangan pada blender. Sebelumnya, pencahayaan pada bender ini dapat dilakukan dengan menambahkan objek lamp yang menghasilkan beberapa sumber cahaya, seperti point yang menghasilkan cahaya dari satu titik sumber, sun yang merupakan simulasi cahaya matahari, spot yang merupakan simulasi cahaya sorot yang menyebabkan satu area sorotan terang, hemi simulasi pencahayaan langsung tanpa area sorot, dan area yang memiliki sifat yang sama dengan spot, namun memiliki intensitas yang lebih besar dan area yang lebar. Selain cahaya, objek akan terlihat realistis jika objek tersebut menghasilkan bayangan ketika cahaya mengenai objek tersebut. Namun bayangan yang dihasi

Resensi Pembuatan Game Metal Gear Solid V

Image
Judul Resensi : Pembuatan Game Metal Gear Solid V Kelas : 3IA01 Nama Anggota Kelompok : - Hambali Syahrul Basir (53412264) - Ibnu Muzzakkir (53412525) - Inas Nabilah (53412660) - Juwita Winadwiastuti (54412011) - Riyan Neba (56412506) Pembuatan Game Metal Gear Solid V Developer : Kojima Productions Publisher : Konami Game Engine : FOX Engine             Metal Gear Solid V adalah series game yang dibuat oleh Kojima Production untuk serial game Metal Gear. Dirilis pada Desember 2014 untuk platform Windows oleh Konami. Prequel game ini, Metal Gear Solid V : Ground Zero , menggunakan FOX Engine, dimana engine ini dimaksudkan untuk mempermudah tahap pemodelan game ini. Series terbaru game ini mendapatkan review positif dari segi grafis dikarenakan detil grafis yang ditampilkan pada game ini hampir mendekati grafis dalam dunia nyata.  Selain grafis, pergerakan karakter dalam game ini juga terlihat halus.                         Dalam pembuatan

Resensi Film Animasi Transformers

Image
Judul Resensi : Film Animasi Transformers Kelas : 3IA01 Nama Anggota Kelompok : - Hambali Syahrul Basir (53412264) - Ibnu Muzzakkir (53412525) - Inas Nabilah (53412660) - Juwita Winadwiastuti (54412011) - Riyan Neba (56412506) Film Animasi Transformers Directed by : Michael Bay Cinematography : Mitchell Amundsen Edited by : Tom Muldoon, Paul Rubell, Glen Scantlebury Running time : 144 minutes             Transformers   adalah film   fiksi ilmiah   Amerika yang diangkat dari kisah   Transformers tahun 1984 . Film ini memadukan  teknologi CGI   dengan aksi langsung . Teknologi CGI ( Computer Generated Imagery ) merupakan penerapan pencitraan grafis dengan menggunakan animasi 3 Dimensi untuk visual efek khusus. CGI biasa digunakan dalam film, program televisi dan iklan, bahkan di media cetak.             Film animasi Transformers menggunakan teknologi ini karena memiliki fungsi untuk efek visual yang sulit dilakukan pada adegan nyata. CGI juga

Resensi Fotorealisme The Rainbow Bridge in Tokyo

Image
Judul Resensi : Fotorealisme The Rainbow Bridge in Tokyo Kelas : 3IA01 Nama Anggota Kelompok : - Hambali Syahrul Basir (53412264) - Ibnu Muzzakkir (53412525) - Inas Nabilah (53412660) - Juwita Winadwiastuti (54412011) - Riyan Neba (56412506) Fotorealisme The Rainbow Bridge in Tokyo           Pada dunia fotografi, dikenal tiga elemen yang mempengaruhi sebuah hasil foto yaitu Aperture, Shutter Speed, dan ISO. Ketiga elemen ini dikenal dengan segitiga ekposur . Komposisi eksposur yang tepat akan membuat sebuah potretan bersifat realisme. Pada foto karya Trey Ratcliff yang berjudul “The Rainbow Bridge in Tokyo”, terlihat perpaduan ketiga elemen telah membuat foto terlihat real. Foto difokuskan pada objek, yaitu jembatan di Tokyo, yang ukurannya tergolong besar. Agar lebih terfokus pada objek, pemotret hanya menggunakanaperture f/5.0 supaya objek lain selain jembatan terihat lebih blur namun masih terlihat bentuk objeknya.          Saat mata meli